Sabtu, 22 Agustus 2015

Perbedaan Gas Alam, LPG, LNG dan CNG



Perbedaan Gas Alam, LPG, LNG dan CNG


Pernahkan anda membayangkan selama ini bagaimana cara ibu kita memasak di dapur? Sebagian besar ibu-ibu di daerah perkotaan saat ini memasak menggunakan kompor gas. Tapi apakah selama ini kita hanya mengenal gas yang itu-itu saja? Selama ini kita mengenal gas yang disalurkan adalah gas LPG dalam bentuk tabung-tabung. Tapi apakah anda tahu bahwa ada beberapa gas lainnya yang digunakan sebagai bahan bakar untuk me
masak? Ada Gas alam yang bisa digunakan untuk memasak di rumah-rumah, hotel, restoran dan industry. Tapi apakah anda juga mengetahui kalau ada lagi yang namanya LNG, CNG?
Di sini saya akan berbagi mengenai bahan bakar yang biasa ibu kita gunakan dalam memasak.

1.       LPG (liquified petroleum gas)
LPG adalah gas minyak bumi yang dicairkan dengan menambah tekanan dan menurunkan suhunya, gas berubah menjadi cair. Komponennya didominasi propana (C3H8) dan butana (C4H10). LPG juga mengandung hidrokarbon ringan lain dalam jumlah kecil, misalnya etana (C2H6) dan pentana (C5H12). Dalam kondisi atmosfer, LPG akan berbentuk gas. Volume LPG dalam bentuk cair lebih kecil dibandingkan dalam bentuk gas untuk berat yang sama. Karena itu LPG dipasarkan dalam bentuk cair dalam tabung-tabung logam bertekanan. Untuk memungkinkan terjadinya ekspansi panas (thermal expansion) dari cairan yang dikandungnya, tabung LPG tidak diisi secara penuh, hanya sekitar 80-85% dari kapasitasnya. Rasio antara volume gas bila menguap dengan gas dalam keadaan cair bervariasi tergantung komposisi, tekanan dan temperatur, tetapi biasanya sekitar 250:1.
Tekanan di mana LPG berbentuk cair, dinamakan tekanan uap-nya, juga bervariasi tergantung komposisi dan temperatur; sebagai contoh, dibutuhkan tekanan sekitar 220 kPa (2.2 bar) bagi butana murni pada 20 °C (68 °F) agar mencair, dan sekitar 2.2 MPa (22 bar) bagi propana murni pada 55 °C (131 °F).

Contoh gambar tabung LPG

Karena dalam tekanan atmosfir LPG berbentuk gas, untuk dapat memudahkan proses distribusi dan transportasi gas ini dilakukan rekayasa fasanya menjadi ke bentuk cair dengan memberi tekanan. Dalam keadaan cair, LPG mudah didistribusikan dan ditransportasi dalam tabung ataupun dalam tanki. Oh iya kalau kita sering melihat bahwa LPG tetapi tulisannya LPG, maka LPG itu adalah merk dagang dari PT Pertamina, sama seperti pertamax atau premium yang menjadi merk dagang Pertamina. Karena ada juga perusahaan lain yang menjual LPG dalam bentuk tabung tetapi merknya berbeda misalnya ada Blue Gaz. Sejak tahun 1968, masyarakat Indonesia telah diper­kenalkan dengan LPG (Liquefied Petroleum Gas) dengan brand ELPIJI yang dikeluarkan oleh Pertamina. Pada awalnya LPG dipasarkan Pertamina untuk memanfaatkan produk samping dari hasil pengolahan minyak di kilang, sekaligus sebagai bahan bakar alternatif yang lebih bersih untuk memasak selain minyak tanah.
LPG mempunyai rata-rata nilai kalori sebesar + 21.000 BTU/lb dan mempunyai berat jenis lebih berat daripada udara dengan berat jenis sekitar 2.01 dibandingkan dengan udara dan mempunyai tekanan uap LPG cair dalam tabung kurang lebih sekitar 5.0 – 6.2 Kg/cm2. Nah karena gas LPG ini lebih berat dari udara, maka jika gas ini bocor maka akan terakumulasi ke bawah (lantai dapur misalnya). Jika sudah bocor dan terakumulasi di bawah lantai, maka jika ada pemicu api dapat menyebabkan ledakan gas (jadi berhati-hati ya dalam menggunakan gas LPG, berikan cukup ventilasi untuk gas agar mudah keluar, tidak terakumulasi dibawah lantai). LPG bersifat tidak berbau (odorless) sehingga zat aditive “Mercaptan” ditambahkan dalam tabung gas LPG untuk memberikan bau yang khas, jadi jika terjadi kebocoran gas dapat dideteksi dengan cepat.
Sebaiknya juga kita memasang alat sensor gas, karena kalau hanya mengandalkan penciuman, bisa saja saat kita sedang flu, tetapi malah gas bocor… wassalam deh… apa lagi kalau gas bocor, lalu ada bapak-bapak yang merokok, lengkap sudah dhuar…. (jadi benar merokok itu membunuh mu!)

LPG merupakan hasil produksi penyulingan migas
Harga LPG 12 Kg: sekitar Rp140.000 per tabung 12 Kg, jadi harga per kg adalah (sumber website Pertamina)
http://www.pertamina.com/news-room/info-pertamina/pengumuman/harga-lpg-12kg-ditingkat-agen-tmt-1-april-2015/
Harga LPG: sekitar Rp12.000 per kg
Nilai kalori: sekitar 11.200 Kkal/Kg

2.       GAS ALAM
GAS ALAM sering juga disebut sebagai gas Bumi, adalah bahan bakar fosil berbentuk gas yang terutama terdiri dari metana CH4. GAS ALAM dapat ditemukan di ladang minyak, ladang gas Bumi dan juga tambang batu bara. Komponen utama dalam gas alam adalah metana (CH4), yang merupakan molekul hidrokarbon rantai terpendek dan teringan. Gas alam juga mengandung molekul-molekul hidrokarbon yang lebih berat seperti etana (C2H6), propana (C3H8) dan butana (C4H10). Gas alam juga dapat dihasilkan pembusukan oleh bakteri anaerobik dari bahan-bahan organik selain dari fosil, maka ia disebut biogas. Sumber biogas dapat ditemukan di rawa-rawa, tempat pembuangan akhir sampah, serta penampungan kotoran manusia dan hewan.
GAS ALAM itu berbeda dengan LPG, mulai dari komposisi nya yang berbeda (LPG -> Propane & butane, GAS ALAM -> Metana)
Dalam melakukan distribusi dan transportasinya pun berbeda dengan LPG. Jika LPG menggunakan tabung-tabung Gas dan bebentuk fase Cair, kalau GAS ALAM disalurkan menggunakan pipa pipa GAS. Proses distribusi gas alam tidak perlu memakai tabung gas, karena seperti PAM, memakai pipa, ada meteran gas juga.

Gambar meter Gas Rumah Tangga (ada petugas pencatat meter nya juga)


Gambar Pipa Gas (kalau ada yang lihat pipa warna kuning, itu berarti Pipa Gas)

Enaknya kalau pakai gas alam, kita tidak perlu kerepotan untuk gotong-gotong tabung gas (lumayan berat juga kalau gotong-gotong, bisa encok) apa lagi kita pasti selalu butuh untuk memasak. Pernah ga lagi enak-enak masak, malam-malam, eh gas nya habis (mana sudah lapar dan belum matang). Kalau menggunakan GAS alam, kita tidak perlu gotong dan ketakutan akan gas nya habis, karena supply gas akan mengalir terus (sebab lewat pipa, terus mengalir tidak pakai gotong). Untuk mengukurnya ada meteran gas yang akan mengukur pemakaian gas kita. Apa lagi kalau kita tinggal di Rusun atau Apartemen, apa iya kita mau angkat-angkat itu tabung 12 kg (encok dah) akan leboh efektif jika memakai pipa, jadi sampai langsung ke kompor tak pakai gotong-gotong.
Berat jenis Gas alam juga lebih ringan dari udara, jadi jika gas alam ini bocor, maka ia akan menguap ke atas (tidak seperti LPG yang menuju ke bawah karena lebih berat dari udara). Jadi tidak aka nada akumulasi gas yang dapat menyebabkan terkumpulnya gas berbahaya. Oh iya saran saya selalu sediakan alat sensor gas di dekat dapur atau ruangan yang terdapat pipa gas. Perlu juga sediakan APAR (alat pemadam Api ringan di tiap rumah, untuk mencegah kebakaran.

Untuk hasil pembakaran Gas alam juga bagus, karena komposisinya yang metana,
CH4 + 2 O2 → CO2 + 2 H2O (ΔH = −891 k J/mol
Menghasilkan pembakaran yang bersih dan efisiensi tinggi.
Apa lagi sekarang kota-kota besar sudah banyak polusi dari sisa-sisa pembakaran, perlu perubahan untuk menjadikan udara kota lebih baik.

Oh iya untuk harga Gas alam Rumah tangga, berdasarkan situs BPH Migas (http://www.bphmigas.go.id/new/penetapan-harga-gas-bumi-wilayah-jakarta/)

Harga Gas Alam; sekitar Rp2.600-3.000 per m3
Nilai Kalori gas alam: sekitar 8.988 Kkal/m3
Nah jadi kalau ibu- ibu yang biasanya menghabiskan 1 tabung 12 Kg LPG, seharga 140 ribu, jika dibandingkan dengan Gas alam adalah (itungan kasarnya aja ya):

12 Kg LPG = 12 X Nilai kalori LPG per Kg
12 kg LPG = 12 X 11.200 = 134.400 Kkal per bulan

Jika dibandingkan dengan Gas alam:
Kebutuhan kalori per bulan : nilai kalori gas alam per m3
134.400 kkal : 8.988 kkal / m3 = sekitar 15 m3 per bulan
Dengan harga sekitar 3 ribu per m3, maka:
Harga per m3 X kebutuhan per bulan =
3.000 X 15 m3 = 45.000,      ya Rp45.000
Jadi jika kita biasanya mengeluarkan 140 ribu untuk 1 tabung 12 Kg, makan jika memakai gas alam kita cukup mengeluarkan 45 ribu per bulan. (dan ingat, ini tanpa ad embel embel subsidi ya rekan-rekan).


3.       CNG (Compressed natural gas)
Compressed natural gas, Gas alam terkompresi, ya CNG adalah Gas Alam juga, sama-sama metana juga, jadi CNG itu adalah Gas alam, yang terkompresi.  CNG dibuat dengan melakukan kompresi metana (CH4) yang diekstrak dari gas alam. CNG disimpan dan didistribusikan dalam bejana tekan, biasanya berbentuk silinder. Sejalan dengan semakin meningkatnya harga minyak dan kesadaran lingkungan, CNG saat ini mulai digunakan juga untuk kendaraan penumpang dan truk barang berdaya ringan hingga menengah.
Jadi kalau ada yang bingung CNG dan gas alam bedanya apa, ya sebenarnya isinya ya sama aja, gas Alam, tetapi kalau Gas alam biasanya melalui pipa, kalau CNG biasanya menggunakan tabung-tabung CNG. Kalau bentuk CNG ini masih dalam bentuk fase Gas, tetapi CNG mempunyai tekanan yang berbeda dari gas Pipa.
Tekanan Gas CNG adalah sekitar 200 Bar. Ya 200 Bar, bayangkan saat ini saja kita hidup dalam tekanan atmosfer sekitar 1 bar,apalagi kalau tekanan CNG 200 Bar. Tenakan yang tinggi tersebut adalah rekayasa teknik untuk dapat mengangkut Gas alam dalam jumlah banyak tetapi dengan ruangan yang tidak terlalu besar (udah tahu kan kalau gas itu compressable, beda sama benda padat atau cair). Maka dijadikanlah tabung CNG yang bertekanan.
Penggunaan CNG bisa untuk Industri-industri yang ingin menggunkan gas alam, tetapi belum ada jaringan pipa gas di daerahnya, jadi bisa tetap memakai gas
alam yang ramah lingkungan melalui CNG.
gas alam dalam bentuk CNG saat ini juga sudah bisa dipakai untuk kendaraan lho, contohnya saja Bus Trans Jakarta dan Bajaj. Kalau pakai minyak (solar, premium dll) sisa pembakaran akan menghasilkan polusi, tetapi kalau memakai gas alam sisa pembakaran bisa lebih baik lagi, ramah lingkungan Hidup GO GREEN, demi bumi yang lebih baik.

Gambar busway (pakai BBG, bahan bakar gas, gas alam)

Gambar Bajaj Gas (beda sama yang orange)

Untuk yang sering menggunakan Bajaj, pasti terasa deh bedanya naik baja yang warna orange (bajaj 2 tak, bau asap, brisik, polusi treng teng geng teng) dengan bajaj gas yang warna biru, lebih calm, gak berisik dan ramah lingkungan.
Oh iya untuk harga CNG transportasi adalah sekitar Rp 3.100 Lsp
Ada yang tahu LSP itu apa? LSP adalah Liter setara premium. Jadi nilai kalori premium dibandingkan dengan nilai kalori gas. Jika harga premium yang bersubsidi adalah sekitar 7.400, maka selisihnya adalah:

Selisih harga BBG dan premium:
7.400 – 3.100 = 4.300
Ya Rp4.300 per liter
Bayangkan berapa penghematan Negara jika seluruh premium tidak disubsidi lagi, tetapi menggunakan BBG (ingat BBG tidak di subsidi)
Uangnya bisa untuk pembangunan Indonesia yang lebih baik, Aamiin…

4.       LNG (Liquefied natural gas)
 LNG, Liquefied natural gas, Gas alam yang dicairkan adalah gas alam yang telah diproses untuk menghilangkan pengotor (impuritas) dan hidrokarbon fraksi berat dan kemudian dikondensasi menjadi cairan pada tekan atmosfer dengan mendinginkannya sekitar -160° Celcius. LNG ditransportasi menggunakan kendaraan yang dirancang khusus dan ditaruh dalam tangki yang juga dirancang khusus. LNG memiliki isi sekitar 1/640 dari gas alam pada Suhu dan Tekanan Standar, membuatnya lebih hemat untuk ditransportasi jarak jauh di mana jalur pipa tidak ada. Ketika memindahkan gas alam dengan jalur pipa tidak memungkinkan atau tidak ekonomis, dia dapat ditransportasi oleh kendaraan LNG, di mana kebanyakan jenis tangki adalah membran atau "moss".
Ya, LNG isinya ya Gas alam juga, sama aja. Gas alam. Lalu kenapa harus ada Gas pipa, CNG atau LNG sih/ jadi kalau LNG itu adalah salah satu bentuk rekayasa teknik untuk pengangkutan Gas alam. Kalau misalnya untuk jarak yang tidak terlalu jauh, masih bisa menggunakan CNG, tapi kalau untuk mengangkut jarak yang jauh, misalnya dari Papua ke Aceh, apakah memakai pipa? (waduh berapa besar biaya investasi membangun pipa gas).
 Rekayasa membuat gas alam menjadi fase cair adalah untuk dapat mengangkut banyak gas dalam sekali angkut. Karena dengan suhu yang -160°, 1 m3 LNG sama dengan sekitar 640 m3 Gas alam dalam suhu standar. Jadi dalam pengangkutan gas bisa lebih efektif.
Pengangkutan LNG juga menggunakan kapal yang khusus untuk LNG.

 Gambar kapal LNG

Oh iya kalau Kapal LNG juga ada tipenya kalau yang tipe moss itu yang ada bulatan-bulatannya, kalau yang membrane yang datar- datar aja…


Kapal LNG Menbrane
Jadi bayangin aja gan, itu kapal isinya gas alam yang dicairkan, dengan temperature -160°…
Oh iya LNg ini nantinya akan dijadikan gas kembali, regasifikasi, untuk dapat disalurkan melalui pipa ke rumah-rumah atau ke industry Gas…

Terima kasih…

Sumber:
Google.co.id
Wikipedia
PGN
Pertamina
BPH Migas
dll


12 komentar: